Ringkasan Materi SIA I
Peningkatan Peranan Sistem Informasi
Akuntansi
E-BUSINESS
Dengan menggunakan
E-Business, kita melakukan transaksi secara online. Menggunakan E-Business
lebih efektif dan efisien, yaitu menghemat waktu dan tidak perlu mengeluarkan
kertas.E –Business merujuk pada seluruh penggunaan tingkat lanjut dalam
tekhnologi khusus tekhnologi jaringan dan komunikasi, untuk meningkatkan cara
organisasi melakukan seluruh proses bisnisnya. E-Business untuk mendesain
kembali proses internal dan tidak memberikan keunggulan komperatif. E –Busniess
bukan hanya merupan interaksi eksternal organisasi dengan : para pemasok,
pelanggan, investor, kreditor, pemerintah dan mediamassa.
Model model E-Business B2C ( Business To Cunsumen )
adalah
interaksi yang dimungkinkan oleh tekhnologi antara individu dan organisasi.
B2B ( Business To Business ) adalah interaksi yang dimungkinkan oleh tekhnologi antara organisasi dengan organisasi lainnya.Perbedaan B2C dan B2B sbb :
B2C interaksi yang dimungkinkan oleh tekhnologi antara individu dan organisasi, nilai uang yang dilibatkan kecil, transaksi tidak sering terjadi, bersifat sederhana. Sedangkan B2B interaksi yang dimungkinkan oleh tekhnologi antara organisasi , nilai yang dilibatkan besar, lebih komplek
B2B ( Business To Business ) adalah interaksi yang dimungkinkan oleh tekhnologi antara organisasi dengan organisasi lainnya.Perbedaan B2C dan B2B sbb :
B2C interaksi yang dimungkinkan oleh tekhnologi antara individu dan organisasi, nilai uang yang dilibatkan kecil, transaksi tidak sering terjadi, bersifat sederhana. Sedangkan B2B interaksi yang dimungkinkan oleh tekhnologi antara organisasi , nilai yang dilibatkan besar, lebih komplek
E – COMERCEE –
Comerce adalah perdagangan yang dilakukan
dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet. Internet
memungkinkan orang atau organisasi yang berada pada jarak yang jauh dapat
saling berkomunikasi dengan biaya yang murah.Hal ini kemudian dimanfaatkan
untuk melakukan transaksi perdagangan.Bentuk perdagangan elektronik yang paling
mudah ditemui adalah toko online.Perdagangan secara elektronik memberikan
keuntungan baik kepada perusahaan maupun konsumen.Keuntungan yang diperoleh
bagi perusahaan antara lain :Perdagangan secara elektronik memungkinkan
perusahaan untuk menjual produknya kepada lebih banyak orang. Dengan kata lain
perusahaan dapat menjangkau pasar yang lebih luas.Perusahaan tidak perlu
membuka cabang distribusi
Mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahaan, karena perusahaan tidak perlu menyediakan toko besar ataupun pegawai yang banyak.Keuntungan yang diperoleh bagi konsumen antara lain:Konsumen tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang. Cukup mengakses internet dan memesan barang, maka bbarang pesanan akan diantar kerumah.Pembeli dapat menghemat biaya transportasi dan waktu Mempunyai lebih banyak pilihan karena dapat membandingkan semua produk yang ada di internet.
Mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahaan, karena perusahaan tidak perlu menyediakan toko besar ataupun pegawai yang banyak.Keuntungan yang diperoleh bagi konsumen antara lain:Konsumen tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang. Cukup mengakses internet dan memesan barang, maka bbarang pesanan akan diantar kerumah.Pembeli dapat menghemat biaya transportasi dan waktu Mempunyai lebih banyak pilihan karena dapat membandingkan semua produk yang ada di internet.
KELEBIHAN
dan KELEMAHAN E-BUSINESS DAN E- COMMERCE
Kelebihan E-Business
Revenue stream (aliran pendapatan) baru yang
mungkin lebih menjanjikan dan tidak bisa ditemukan disistem transaksi
tradisional,Menurunkan biaya operasional,Melebarkan jangkauan,Meningkatkan
Value chain (mata rantai pendapatan )Memperpendek waktu produksi.
Kelemahan E- Business
Pencurian informasi rahasia yang
beharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut
kepada pihak pihak yang tidak berhak dan dapat mngakibatkan krugian yang besar
bagi sikorban.Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan.Kesalahan
ini bersifat kesalahan non teknis.Kehilangan kepercayaan dari pada konsumen.
Kelebihan E – Commerce
Dapat meningkatkan hubungan atau
relasinya dengan konsumen secara langsung.Mengurangi biaya dalam pengiriman
atau penyaluran barang dari produsen ke konsumen.Mengurangi waktu menunggu (
Idlee time ) karena baik barang baku maupun barang jadi memiliki waktu lebih
cepat.Kelemahan E – Commerce:Menggunakan internet yang tidak mungkin di akses
diseluruh kota khususnya daerah pedalaman.
Penjelasan mengenai item hanya sedikit hanya meliputi dasar dasar item tersebut.Tampilan webnya sangat monoton.Barang yang dijual tidak ditampilkan seluruhnya.
Penjelasan mengenai item hanya sedikit hanya meliputi dasar dasar item tersebut.Tampilan webnya sangat monoton.Barang yang dijual tidak ditampilkan seluruhnya.
Perbedaan
LAN, MAN, dan WAN
LAN ( Local Area Network )
adalah jaringan komputer yang
jaringannya hanya mencakup wilayah kecil,seperti jaringan computer
kampus,gedung,kantor dalam rumah sekolah atau lebih kecil.MAN ( Metropolitan Area
Network ) adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transport data berkecepatan
tinggi,yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus,perkantoran,pemerintah
dan sebagainya.
WAN ( Wide Area Network )
WAN ( Wide Area Network )
adalah merupakan jaringan computer yang
mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan computer antar wilayah
kota atau bahkan Negara.
KELEBIHAN dan KELEMAHAN LAN, MAN
serta WAN
Kelebihan LAN
lebih terjamin karena IP local hanya terhubung
sebatas switch kemudian router.Dapat melakukan penggunaan sumber daya secara
bersama sama.Tidak banyak penggunaan kabel.Sistem yang terhubung keterminal
lebih banyak .User intarfarcel yang digunakan adalah fasilitas yang baku.
Kekurangan LAN
Jika banyak PC yang terhubung jaringan
LAN, akan melambat .Sitemnya menggunakan satu jaringan maka masih ada
kemungkinan jaringan bisa dir etas.Jika salah satu PC yang terhubung terkena
virus maka PC yang tersambung dengan LAN tersebut juga akan terkena
virus.Software harus dirancang untuk multi user.LAN begitu lambat dispeed
modem.
Kelebihan MAN
Server kantor pusat dapat berfungsi
sebagai pusat data kantor cabang.Informasi dapat disebarkan lebih meluas dan
cepat.Transaksi yang real time .Komunikasi antar kantor bisa menggunakan email
dan chating.
Kelemahan MAN
Biaya operasional mahal.Installasi
strukturnya tidak mudah.Jika sebuah komputer pribadi digunakan sebagai
terminal, memindahkan file membolehkan pengguna untuk mengambil file dari host
atau mengirimnya ke host.Rumit jika terjadi masalah pada jaringan ( trouble
network )
Kelebihan WAN
Dapat berbagi software dan resources
dengan koneksi workstations .Bisa diakses dengan jangkauan geografis yang
luas.Berbagi informasi / file melalui area yang lebih cepat.
Pesan dapat dikrim dengan cepat kepada orang lain pada jaringan ini.
Pesan dapat dikrim dengan cepat kepada orang lain pada jaringan ini.
Kelemahan WAN
Biaya operasional yang mahal dan
umumnya lambat .Rentan terhadap peretas atau ancaman dari luar.Memerlukan
firewall yang baik untuk membatasi pengguna luar yang masuk ke
jaringan.Informasi tidak dapat memenuhi kebutuhan lokal / kepentingan.
PENGENDALIAN
DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Ancaman – ancaman SIA
Kehancuran
karena bencana alam dan politik, seperti kebakaran atau panas
berlebihan,banjir, gempa bumi, badai angin.Kesalahan pada software,dan tidak
berfungsinya peralatan.Tindakan yang tidak disengaja.Tindakan disengaja.Mengapa
ancaman ancaman SIA meningkat ?Peningkatan jumlah sistem klien / server .Oleh
karena LAN dan sistem klien / server mendistribusikan data ke banyak pemakai,
mereka lebih sulit dikendalikan dari pada sistem komputer utama yang
terpusat.WAN memberikan pelanggan dan pemasok akses ke sistem dan data mereka
satu sama lain, yang menimbulkan kekhawatiran dalam hal
kerahasiaan.Pengendalian internal adalah rencana organisasi dan metode bisnis
yang di pergunakan untuk menjaga aset, memberikan informasi yang akurat dan
handal.
Tiga fungsi dasar yang dilaksanakan
oleh Sistem Informasi Akuntansi (SIA).
1. Mengumpulkan dan menyimpan data
mengenai kegiatan bisnis organisasi secara efisien dan efektif.
v Menangkap data transaksi pada
dokumen-dokumen sumber.
v Mencatat data transaksi kedalam
jurnal-jurnal, dimana catatan tersebut dibuat secara kronologis dari apa yang
telah terjadi.
v Posting data dari jurnal-jurnal ke buku besar, yang menyingkat
data dengan jenis rekening.
2. Menyediakan informasi yang berguna untuk pengambilan
keputusan bagi manajemen.
v Dalam sistem manual, informasi ini
disediakan dalam bentuk laporan kedalam dua kategori utama:
v Laporan keuangan
v Laporan manajerial
3. Menyediakan pengendalian internal
yang memadai (cukup).
v Memastikan bahwa informasi yang
dihasilkan oleh sistem adalah handal.
v Memastikan bahwa aktivitas bisnis
yang dilakukan efisien dan sesuai dengan tujuan manajemen.
v Mengamankan (menjaga) kekayaan
organisasi, termasuk data.
Subsistem dasar dalam SIA
1. Siklus pendapatan : mencakup
kegiatan penjualan dan penerimaan dalam bentuk uang tunai.
2. Siklus pengeluaran: mencakup
kegiatan pembelian dan pembayaran dalam bentuk uang tunai.
3. Siklus penggajian sumber daya
manusia mencakup kegiatan mengontrak dan menggaji pegawai.
4.Siklus produksi: mencakup
kegiatan mengubah bahan mentah (baku) dan buruh menjadi produk jadi.
5. Siklus keuangan : mencakup
kegiatan untuk mendapatkan dana dari investor dan kreditor dan membayar mereka
kembali.
Siklus pemrosesan data
• Siklus pemrosesan data
terdiri dari empat langkah
1. Memasukan
(Input) Data
2. Simpan
(Storage) Data
3. Proses
(Processing) Data
4. Hasil
(Output) Information
Siklus pemrosesan data :
Pemicu input data biasanya adalah
pelaksanaan beberapa aktivitas bisnis.
Data tentang tiga sisi tiap aktivitas bisnis yang harus dikumpulkan
adalah :
1. Tiap kegiatan
yang menjadi perhatian.
2. Sumber
daya-sumber daya yang dipengaruhi oleh setiap kegiatan.
3. Para
pelaku yang terlibat di dalam setiap kegiatan.
Siklus pemrosesan data : Input data
• Dahulu, perusahaan kebanyakan
menggunakan dokumen sumber untuk mengumpulkan data awal tentang aktivitas
bisnis, dan kemudian memindahkan data tersebut ke komputer.
• Akan tetapi sekarang,
sebagian besar data tentang aktivitas bisnis langsung dicatat oleh komputer
melalui tampilan untuk entry data.
• Pengendalian atas pengumpulan data
dapat diperbaiki dengan :
• Sebelum penomoran setiap
dokumen sumber dan penggunaan dokumen turnaround.
• Perbaikan pengendalian muncul
baik dengan membeli dokumen sumber yang sudah dicetak nomornya atau dengan mengatur sistemnya agar
secar otomatis memberikan nomor urut pada transaksi baru.
•Sumber data yang bekerja secara
otomatis
Fungsi (kegiatan) bisnis yang umum
dan dokumen sumber.
Dokumen sumber Kegiatan (fungsi) bisnisc
Pesanan penjualan Menerima pesanan pelanggan
Tanda pengiriman Mengirim pesanan
Daftar pembayaran Menerima uang tunai
Slip penyimpanan Menyimpan tanda terima tunai
Memo kredit Menyesuaikan akun pelanggan
Fungsi (kegiatan) bisnis yang umum
dan dokumen sumber.
Siklus Pengeluaran
Dokumen sumber Fungsi
Daftar permintaan barang Permintaan atas barang
Pesanan pembelian Pesanan
atas barang
Laporan penerimaan Penerimaan atas barang
Cek Pembayaran
atas barang
Fungsi (kegiatan) bisnis yang umum
dan dokumen sumber.
Siklus Sumber Daya Manusia
Dokumen Sumber Fungsi
Formulir pajak (Form W4) Kumpulan data iuran pegawai
Kartu jam kerja Catat jam kerja pegawai
Catatan waktu kerja Catat waktu yang dihabiskan
untuk pekerjaan tertentu.
Fungsi (kegiatan) bisnis yang umum dan
dokumen sumber.
Buku Besar Dan Sistem Pelaporan
Dokumen sumber Fungsi
Voucer jurnal Catat posting ke buku
besar
Siklus Pemrosesan Data : Pemrosesan Data
•
Proses batch adalah proses pembaruan secara periodik atas data yang disimpan
tentang sumber daya dan pelaku yang terlibat.
•
Proses On-line atau real time adalah Proses pembaruan yang dilakukan
secara langsung setelah terjadinya transaksi.
Siklus Pemrosesan
Data:
Penyimpanan Data
Penyimpanan Data
• Entitas adalah sesuatu yang
disimpan informasinya.
• Setiap entitas memiliki atribut atau karakteristik khusus yang harus
disimpan.
• Pencatatan Data Transaksi
dalam JurnalSetelah data transaksi ditangkap dalam dokumen sumber, langkah selanjutnya adalah mencatat data tersebut kedalam jurnal.
dalam JurnalSetelah data transaksi ditangkap dalam dokumen sumber, langkah selanjutnya adalah mencatat data tersebut kedalam jurnal.
• Ayat jurnal dibuat
untuk tiap-tiap transaksi yang menunjukkan
rekening dan jumlah debit dan kredit.
• Pencatatan kedalam jurnal umum
dilakukan apabila transaksi jarang terjadi atau tidak rutin.
• Proses pencatatan ke jurnal khusus
dilakukan apabila jumlah transaksi besar atau terjadinya transaksi
berulang-ulang.
• Ada empat jenis transaksi
yang paling umum digunakan untuk mencatat transaksi kedalam jurnal khusus,
yaitu :
1. Penjualan Kredit
2. Penerimaan Kas
3. Pembelian Kredit
4. Pengeluaran Kas
Pencatatan DataTransaksi dalam
Jurnal
Jurnal penjualan
Tgl No
Faktur Rek Debit No Rek Post Ref. Jumlah
Dec. 1 201 Lee Co.
120-122 3 800.00
Dec. 1 202 May
Co. 120-033 3 700.00
Dec. 1 203 DLK
Co. 120-111 3 900.00
TOTAL: 2,400.00
Posting Transaksi ke Buku Besar
• Buku besar digunakan untuk
meringkas status keuangan, termasuk saldo lancar, dari rekening individu.
• Buku besar terdiri dari
aktiva, hutang, kekayaan (modal), pendapatan, dan rekening biaya dari
organisasi.
• Semua catatan buku
besar pembantu didata secara terperinci bagi rekening buku besar yang mempunyai
banyak sub rekening individu.
• Rekening apakah yang
biasa digunakan dalam buku besar pembantu ?
• Piutang dagang
• Persediaan
• Hutang dagang
• Disebut apakah rekening buku
besar yang berhubungan ke buku besar pembantu ?
• Rekening pengendali
•
Rekening pengendali terdiri jumlah total dari semua rekening individu dalam
buku besar pembantu.
Posting Transaksi ke buku besar
Jurnal penjualan
date
|
Invoice number
|
Account debited
|
Account number
|
Post ref
|
Amount
|
Dec 1
|
203
|
DLK Co
|
120-111
|
3
|
900.00
|
total
|
120/502
|
2,400.00
|
Buku besar
Account: account receivable Account
Number:
120
Date
|
description
|
Post ref
|
debit
|
credit
|
balance
|
Dec 1
|
Sales
|
SJ5
|
2,400
|
2,400
|
Apakah bagan perkiraan itu?
|
Invoice Number
|
Account Debited
|
Account Number
|
Post Ref.
|
Amount
|
•
Bagan perkiraan adalah daftar dari semua rekening buku besar yang digunakan
oleh organisasi.
•
Pentingnya bagan perkiraan yang memadai (cukup rinci) untuk memenuhi kebutuhan
informasi organisasi.
Menyediakan informasi untuk
pengambilan keputusan
•
Fungsi kedua SIA adalah menyediakan informasi yang berguna untuk pengambilan
keputusan bagi manajemen.
•
Informasi yang disediakan SIA terbagi dalam dua kategori utama, yaitu :
–
Laporan keuangan
–
Laporan manajerial
Laporan Keuangan
•
Menyiapkan neraca percobaan
•
Membuat jurnal penyesuaian
•
Menyiapkan neraca percobaan setelah penyesuaian
•
Menghasilkan laporan rugi laba
•
Membuat jurnal penutup
•
Menghasilkan neraca saldo
•
Menyiapkan laporan aliran kas
Laporan Manajerial
•
SIA juga harus mampu menyediakan bagi para manajernya dengan rinci tentang
informasi operasional yang dilaksanakan organisasi.
•
Ada dua jenis laporan manajerial yang penting, yaitu :
–
Anggaran
–
Laporan Kinerja
Apakah anggaran itu ?
•
Anggaran adalah ungkapan formal tujuan dalam istilah keuangan.
•
Salah satu jenis anggaran yang paling umum dan penting adalah anggaran kas.
Apakah laporan kinerja itu ?
•
Laporan kinerja adalah sebuah laporan yang mendaftar jumlah anggaran dan jumlah
sesungguhnya atas pendapatan dan biaya dan juga menunjukkan selisih atau
perbedaan diantara kedua jumlah tersebut.
•
Magic Co. Monthly Performance Report AnggaranSesungguhnyaSelisih
•
Penjualan
$32,400 $31,500 ($900)
•
HPP 12,000 14,000
(2,000)
•
Laba Kotor
$20,400 $17,500 ($2,900)
•
Biaya Lain-lain
9,000 7,000 2,000
•
Laba Operasi
$11,400 $10,500 ($900)
Pertimbangan-Pertimbangan
Pengendalian Internal
•
Fungsi ketiga SIA adalah menyediakan pengendalian internal yang memadai untuk
mencapai tiga tujuan dasar berikut :
1.
Memastikan bahwa informasi yang dihasilkan oleh sistem adalah handal.
2.
Memastikan bahwa aktivitas bisnis yang dilakukan efisien dan sesuai dengan
tujuan manajemen.
3.
Mengamankan (menjaga) kekayaan organisasi, termasuk data.
•
Dua metode penting untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, yaitu:
1
Menyediakan dokumentasi yang memadai atas seluruh aktivitas bisnis.
2
Memastikan pemisahan tugas yang efektif.
Dokumentasi yang memadai (cukup)
•
Dokumentasi memungkinkan para manajer memverifikasi bahwa tanggung jawab yang
diberikan telah dilakukan dengan benar.
•
Ashton menjumpai saat bekerja sebagai pemeriksa, yang memberikan pandangan
langsung atas jenis-jenis masalah yang dapat muncul karena dokumentasi yang
tidak memadai (tidak cukup).
•
Gagal menagih tagihan untuk jasa perbaikan.
Apakah Pemisahan Tugas Itu ?
•
Pemisahan tugas berkenaan dengan pembagian tanggung jawab ke beberapa pegawai
atas bagian-bagian dari sebuah transaksi.
•
Fungsi-fungsi yang seharusnya dilakukan oleh orang yang berbeda adalah :
–
Pengesahan transaksi
–
Pencatatan transaksi
_
Penjagaan aset (harta)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar